Susilawati, Samsul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8312-8151, Yaqin, Mohamad Zubad Nurul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8253-2048, Yolanda, Nurul Izhan Prepidel and Hasanah, Nurhandayani (2024) Pengembangan e-LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa bagi guru MI di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyyatul Arifin. Community Service Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)
Text
20371.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran di kelas adalah modal bagi peserta didik untuk menghadapi problematika sehari-hari. Oleh karena itu pembelajaran di dalam kelas harus bisa memberikan stimulus kepada peserta didik agar dapat berpikir secara kritis, berpikir kritis, kreatif, sera mampu memecahkan masalah secara mandiri.
Alasan pentingnya bagi seorang pendidik untuk menyusun sebauh peserncanaan sampai pada alat evalusai guna melihat apakah tujuan dari pembelajaran telah tercapai dengan baik. Kurikulum merdeka setelah melalui beberapa kali revisi, kini perubahan terjadi pada aspek standar isi dan standar penilaian. Standar isi dirancang supaya peserta didik dapat berfikir secara kritis dan kreatif sesuai dengan standar internasional dengan upaya mengurangi uraian materi yang tidak relevan dan melukan pendalaman serta perluasan materi yang relevan bagi peserta didik (Hanifah, 2019).
Orientasi kurikulum merdeka adalah untuk menjadikan manusia di Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan efektif melalui adanya penguatan sikap, keterampilan, serta pengetahuan. Selain mengalami perubahan pada standar isi dan proses pada kurikulum merdeka juga mengalami perubahan pada standar proses pembelajaran nya(Purwanti et al., 2018). Pada kurikulum ini pembelajaran yang awalnya terpusat pada guru menjadi terpusat pada siswa. Pendidik dianggap sebagai pengajar, namun juga berperan sebagai motivator, fasilitator, dan inovator.
Item Type: | Community Service |
---|---|
Keywords: | lkpd; problem based learning; berfikir kritis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools |
Depositing User: | Samsul Susilawati |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 23:07 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |