Hasanah, Mamluatul Global Action Plan of the International Decade of Indigenous Languages (2022-2032) : Urgensinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Mencapai Sustainable Development Goal’s di Indonesia. Research Report. UIN Malang Press, UIN Malang Press.
Text
LAPORAN PENELITIAN MANDIRI MAMLUK 2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) |
Abstract
Resolusi Majelis Umum PBB 2015 menyatakan bahwa 2022–2032 sebagai dekade internasional bahasa pribumi. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pada krisis hilangnya bahasa pribumi dan juga kebutuhan mendesak untuk melestarikan, merevitalisasi dan mempromosikan bahasa pribumi. Tulisan ini merupakan sebuah upaya membincang beberapa kebijakan Pendidikan Bahasa di Dunia dan kemudian mengkontek-kannya dalam pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Dokumen utama yang ditelaah adalah Global Action Plan of the International Decade of Indigenous Languages (IDIL2022-2032). Dalam kontektualisasi kebijakan tersebut yang dilakukan adalah mendialogkannya dengan kebijakan bilingual Education di berbagai benua dengan tujuan agar ditemukan kerangka kebijakan Bahasa yang tepat. Setelah itu, refleksi dilakukan untuk pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia yang merespon kebijakan IDIL dalam kerangka Sustanable Development Goals. Dengan menggunakan interpretive policy analysis sampailah pada temuan, bahwa kebijakan bahasa yang ada di seluruh benua menyepakati pola bilingual education untuk mewujudkan eksistensi di mata internasional tanpa menghilangkan identitas Bahasa dan budaya daerah yang mereka miliki. Berdasar ini dalam rangka menujudkan SDGs yang menjadi tujuan IDIL, perlu dilakukan transformasi Pendidikan Bahasa Asing pada content knowledge, procedural knowledge, dan interdisciplinary knowledge. Insersi SDGs pada konten yang dikaji, berpikir kritis, kreativitas, pedagogi abundansi serta translanguging sagat dianjurkan sebagai pendekatan pembelajran Bahasa asing termasuk Bahasa Arab.Kebijakan
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Kebijakan Bahasa; International Decade of Indigenous Languages; Bilingual Education; Pegagogi Abudansi; pedagodi translanguaging |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Arabic Language Education |
Depositing User: | Unnamed user with email hasanah@pba.uin-malang.ac.id |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 13:02 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |