Rosyidi, Abdul Wahab, Machmudah, Umi, Roziki, Khafid
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4715-888X and Abdurrauf, Abdurrauf
(2024)
Inovasi strategi pembelajaran Bahasa Arab tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi: Analisis kajian disertasi Program Doktor Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Research Report.
LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
(Unpublished)
|
Text
21730.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Lembaga pendidikan formal atau non formal yang berusaha memberikan layanan pembelajaran bahasa Arab yang cepat, tepat, mudah, belum sepenuhnya terwujud dengan baik. Banyak lembaga yang mmbelajarkan bahasa Arab dengan strategi sebisanya dan seadanya. Mereka belum banyak melakukan analisa kebutuhan terhadap penggunaan strategi, metode, dan teknik apa yang seharusnya tepat dan sesuai. Sehingga sampai saat ini pembelajarannya masih terkesan belum profesional dan terkesan sulit dipelajari.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis prespektif teori yang digunakan dalam Inovasi pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab dan mendeskripsikan bentuk hasil inovasi pengembagan strategi pembelajarannya dalam objek kajian disertasi mahasiswa pada tingkat Dasar, Menengah dan Perguruan Tinggi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian library research, dimana objek yang dipilih adalah disertasi yang ditulis mahasiswa Program Studi Doktor Pendidikan bahasa Arab. Data meliputi data primer yang berupa disertasi yang dihasilkan oleh mahasiswa Program Doktor. Dan data skunder berupa dokumen lain seperti kurikulum, silabus, modul, Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dengan teknik analisis data meliputi redukksi, kategorisasi, trianggulas penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mrnunjukkan bahwa; landasan teori inovasi pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab pada tingkat Dasar, Menengah, dan Perguruan Tinggimencakup; Teori Multiple Intelgensi, Strategi Mikro Robert Mill Gagne, Kontekstual, Kontruktivisme (PJBL), HOTs., SIOP, dan Keterampilan Abad 21 (4C’s), Sedangkan bentuk inovasi pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi meliputi; 1) Rumusan tujuan pembelajaran yang diadaptasikan dengan teori yang digunakan, 2) Pengembangan bahan ajar yang disesuikan dengan tujuan, 3) Langkah-langkah pembelajaran yang dipadukan antaran konvensional dan inovatif, 4) Media pembelajaran konvensional dan pemanfaatan teknologi serta platfon digital, dan 5) Evaluasi pembelajaran dengan multi model (Autentic, portopolio, formatif dan sumatif)
| Item Type: | Research (Research Report) |
|---|---|
| Keywords: | Inovasi Strategi; bahasa Arab; Kajian Disertasi |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1301 Education Systems 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
| Depositing User: | Umi Machmudah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2024 13:00 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric