Responsive Banner

Pengaruh gaya hidup, religiusitas, dan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi mahsiswa STAI Al-Yasini Pasuruan

Melinda, Eka, Supriyanto, Achmad Sani ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1519-3258 and Ekowati, Vivin Maharani ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6013-0630 (2024) Pengaruh gaya hidup, religiusitas, dan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi mahsiswa STAI Al-Yasini Pasuruan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10 (3). pp. 2438-2447. ISSN 2477-6157

[img]
Preview
Text
21753.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (414kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan tentang apakah variabel gaya hidup, religiusitas, dan teman sebaya memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menekankan pada pengujian teori melalui pengukuran variabel penelitian dan hasil penelitian ini yaitu gambaran mengenai hubungan sebab-akibat. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data primer dengan kuesioner dan didukung data sekunder wawancara, observasi serta dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup, religiusitas, dan teman sebaya secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Adapun variabel gaya hidup memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa nilai signifikansi 0.037 < 0.05. Variabel religiusitas memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Variabel teman sebaya memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian, yang mana perilaku konsumsi mahasiswa dipengaruhi variabel gaya hidup, religiusitas dan teman sebaya. Peneliti memberikan saran dalam melakukan kegiatan konsumsi hendaknya kita memperhatikan faktor-faktor perilaku konsumsi sehingga kita dapat melakukan konsumsi sesuai kebutuhan tidak berlebihan dan rasional.

Item Type: Journal Article
Keywords: consumption behavior; lifestyle; peers; religiosity
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Vivin Maharani Ekowati
Date Deposited: 02 Dec 2024 13:44

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item