Responsive Banner

Global action plan of the International decade of indigenous languages (2022-2032) : Urgensinya dalam pembelajaran bahasa Arab untuk mencapai sustainable development goal’s di Indonesia

Hasanah, Mamluatul (2024) Global action plan of the International decade of indigenous languages (2022-2032) : Urgensinya dalam pembelajaran bahasa Arab untuk mencapai sustainable development goal’s di Indonesia. Research Report. Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Submitted)

[img] Text
22609.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Resolusi Majelis Umum PBB 2015 menyatakan bahwa 2022–2032 sebagai dekade internasional bahasa pribumi. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pada krisis hilangnya bahasa pribumi dan juga kebutuhan mendesak untuk melestarikan, merevitalisasi dan mempromosikan bahasa pribumi. Tulisan ini merupakan sebuah upaya membincang beberapa kebijakan Pendidikan Bahasa di Dunia dan kemudian mengkontek-kannya dalam pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Dokumen utama yang ditelaah adalah Global Action Plan of the International Decade of Indigenous Languages (IDIL2022-2032). Dalam kontektualisasi kebijakan tersebut yang dilakukan adalah mendialogkannya dengan kebijakan bilingual Education di berbagai benua dengan tujuan agar ditemukan kerangka kebijakan Bahasa yang tepat. Setelah itu, refleksi dilakukan untuk pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia yang merespon kebijakan IDIL dalam kerangka Sustanable Development Goals. Dengan menggunakan interpretive policy analysis sampailah pada temuan, bahwa kebijakan bahasa yang ada di seluruh benua menyepakati pola bilingual education untuk mewujudkan eksistensi di mata internasional tanpa menghilangkan identitas Bahasa dan budaya daerah yang mereka miliki. Berdasar ini dalam rangka menujudkan SDGs yang menjadi tujuan IDIL, perlu dilakukan transformasi Pendidikan Bahasa Asing pada content knowledge, procedural knowledge, dan interdisciplinary knowledge. Insersi SDGs pada konten yang dikaji, berpikir kritis, kreativitas, pedagogi abundansi serta translanguging sagat dianjurkan sebagai pendekatan pembelajran Bahasa asing termasuk Bahasa Arab.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: kebijakan Bahasa; international decade of indigenous languages; bilingual education; pedagogi abundansi; pedagogi translanguaging
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Arabic Language Education
Depositing User: Unnamed user with email hasanah@pba.uin-malang.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2024 14:50

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item