Vannisa Aviana Melinda ; Roiyan One Febriyani (2024) Laporan penelitian keefektifan teknik Self Regulated Learning (SRL) untuk meningkatkan disiplin mahasiswa (sertifikat hak cipta). 000829464.
Text
HKI LAPORAN PENELITIAN VANNISA-ONE 2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Disiplin merupakan bentuk perilaku ketaatan dan kepatuhan seorang individu terhadap nilai dan norma yang ebrlaku di lingkungan masyarakat. Disiplin merupakan kemampuan mengatur dan mengarahkan kepribadian individu sebagai pengontrol terhadap diri sendiri. Perilaku disiplin perlu dikembangkan pada diri mahasiswa. penelityian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan SRL untuk meningkatkan disiplin mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Dua belas mahasiswa dipilih sebagai subjek penelitian melalui teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelompok eksperimen berjumlah enam orang dan kelompok kontrol berjumlah enam orang. Kelompok eksperimen diberikan intervensi menggunakan teknik SRL, sedangkan kelompok kontrol menggunakan pendekatan realita. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai uji beda sebesar 0,27 untuk kelompok eksperimen dan 0,26 untuk kelompok kontrol. Berdasarkan uji hipotesis terbukti H0 ditolak. Hal ini berarti teknik SRL yang digunakan lebih efektif dibandingkan pendekatan realita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SRL merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan disiplin mahasiswa melalui konseling kelompok.
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | Keefektifan ; Self Regulated Learning (SRL) ; Disiplin Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools |
Depositing User: | VANNISA AVIANA MELINDA |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 13:47 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |