Strategi Internalisasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika

Abdussakir, Abdussakir (2017) Strategi Internalisasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Presented at Seminar Nasional Matematika dan Pendidikannya, 30 Desember 2017, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (full text)
2274.pdf - Presentation
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (787kB) | Preview

Abstract

Untuk menanamkan nilai budaya melalui pembelajaran matematika perlu diketahui terlebih dahulu nilai-nilai dalam matematika sendiri, nilai-nilai dalam pembelajaran matematika, dan nilai-nilai budaya. Karena matematika adalah bentuk atau produk budaya serta proses pembelajarannya terjadi melalui atau dalam budaya, maka nilai-nilai matematika dan pembelajaran matematika tidak lain adalah nilai budaya. Penanaman nilai budaya ini dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan melalui empat strategi, yaitu infusi, analogi, narasi, dan immersi. Tentunya strategi ini masih perlu didukung oleh penciptaan lingkungan belajar yang juga mendukung penanaman nilai budaya.

Item Type: Seminar and Workshop
Keywords: internalisasi; nilai budaya; matematika; pembelajaran matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Mathematics
Depositing User: Abdussakir Abdussakir
Date Deposited: 08 Jan 2018 10:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item