Responsive Banner

Implementasi metode pembelajaran Targhib Wa Tarhib pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Ibadurrochman Kota Malang

Mujtahid, Mujtahid, Adlani, Moch. Shofi, Ulhaq, Qois Dhiya’, Mukharomah, Awwalina and Al Mahfudhoh, Zuhairoh (2024) Implementasi metode pembelajaran Targhib Wa Tarhib pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Ibadurrochman Kota Malang. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Kota Malang. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjawab tiga hal poko, yakni (1) mengidentifikasi perencanaan pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode Targhib wa Tarhib pada mata pelajaran fikih di MA Ibadurrochman Kota Malang; (2) menganalisis penerapan pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode Targhib wa Tarhib pada mata pelajaran fikih di MA Ibadurrochman Kota Malang dan (3) menganalisis evaluasi dari pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode Targhib wa Tarhib pada mata pelajaran fikih di MA Ibadurrochman Kota Malang.
Penelitian ini didesain menggunakan kualitatif dengan jenis field research atau penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipan, wawancara mendalam (semi terstruktur, dan studi dokumen. Subjek pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fikih dan siswa kelas X MA Ibaadurrochman Kota Malang. Adapun untuk analisis data menggunakan model miles and huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan metode pembelajaran targhib wa tarhib dilaksanakan dengan menyesuaikan RPP yang dirancang dengan dua unsur motivasi dan hukuman tersebut, dengan cara mengikutsertakan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari seperti keutamaan sholat berjamaah dan dampak buruk dari meinggalkannya. Kemudian media yang digunakan mind map, video motivasi dan kisah-kisah insiratif Rasulullah saw.; (2) pelaksanaan metode pembelajaran targhib wa tarhib dilakukan dengan memberikan contoh dan ilustrasi berupa kisah inspiratif Rasulullah saw sertagambaran pahala dari melaksanakan sholat dan dampak meninggalkannya- Targib wa tarhib diberikan dengan kasih sayang dan tanpa menakut-nakuti siswa, sehingga interaksi antara guru dan siswa terjalin secara positif dengan siswa yang diperkenankan untuk berdiskusi secara inklusif dan dibebaskan untuk bertanya dan mengemukakan pendapat. Hal ini kemudian berimplikasi pada pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih yang semakin mendalam, partisipasi yang mengalami peningkatan, siswa menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab dengan adanya motivasi dan lebih berhati-hati dengan adanya peringatan; (3) evaluasi dilaksanakan dengan memperhatikan aspek psikomotorik, afektif, dan kognitif yang direalisasikan dalam bentuk diskusi, observasi, dan refleksi.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Targhib Wa Tarhib, Fikih, Metode Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Mujtahid Mujtahid
Date Deposited: 30 Dec 2024 09:08

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item