Responsive Banner

Manajemen kurikulum untuk penguatan pendidikan karakter gen-Z Muslim di SD Plus Al-Kautsar Malang

Wahyuni, Laila Nur, Najah, Aninda Tri Safinatun, Cahyani, Wijianti Retno and Pramitha, Devi (2024) Manajemen kurikulum untuk penguatan pendidikan karakter gen-Z Muslim di SD Plus Al-Kautsar Malang. Research Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

[img] Text
Laporan fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Manajemen kurikulum di SD Plus Al-Kautsar Malang dirancang untuk menggabungkan nilai-nilai Islami dengan penguatan karakter, khususnya bagi Gen-Z Muslim. Dalam era digital yang dipenuhi informasi beragam, siswa sering terpapar pada nilai-nilai yang tidak selalu positif. Oleh karena itu, pendidikan karakter berperan penting dalam membentuk identitas, moral, dan etika yang kuat. Nilai-nilai Islami tetap menjadi fondasi utama dalam membentuk karakter Gen-Z yang memiliki ciri khas tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana manajemen kurikulum di SD Plus Al-Kautsar Malang mendukung penguatan karakter siswa Gen-Z Muslim, dengan fokus pada tiga aspek utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami peristiwa yang terjadi pada manajemen kurikulum di SD Plus Al-Kautsar Malang dalam upaya penguatan pendidikan karakter Gen-Z Muslim. Data primer diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen dari berbagai informan terkait, seperti kepla sekolah, waka kurikulum, guru, siswa, dan wali siswa. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode interaktif Miles, Huberman, dan Saldana dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pengecekan anggota dan triangulasi, baik triangulasi teknik maupun triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga fokus utama dalam manajemen kurikulum di SD Plus Al-Kautsar Malang. Pertama, perencanaan kurikulum melibatkan integrasi nilai-nilai karakter Islami yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus Gen-Z Muslim. Kurikulum ini dirancang secara tematik, menggabungkan pelajaran agama dan pendidikan karakter dalam berbagai mata pelajaran. Kedua, pelaksanaan kurikulum meliputi kegiatan pembiasaan sehari-hari seperti salat berjamaah, membaca Al-Qur'an, serta program-program penguatan karakter seperti Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang juga mendukung pembentukan sikap mandiri dan berintegritas. Ketiga, evaluasi kurikulum dilakukan secara sistematis dengan metode penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik, termasuk evaluasi perilaku sehari-hari siswa oleh guru dan orang tua. Kesimpulannya, implementasi manajemen kurikulum di SD Plus Al-Kautsar secara efektif mendukung penguatan karakter Gen-Z Muslim, yang tercermin dari konsistensi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembelajaran.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Manajemen Kurikulum; Pendidikan Karakter; Gen-Z Muslim
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Devi Pramitha
Date Deposited: 30 Dec 2024 14:42

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item