Responsive Banner

Strategi inovatif dalam pengembangan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Zubair, La, Mini, Dian Amirul Mu, Kurnia, Zikri Adib and Bashith, Abdul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4678-3891 (2024) Strategi inovatif dalam pengembangan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5 (11). pp. 1217-1227. ISSN 2746-1920

[img] Text
23133.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (251kB)

Abstract

Strategi inovatif dalam pengembangan evaluasi pembelajaran PAI menjadi suatu keharusan di era pendidikan modern. Inovasi ini tidak hanya mencakup penggunaan teknologi, tetapi juga perubahan paradigma dalam cara menilai dan mengukur hasil belajar. Dengan mengadopsi strategi inovatif dalam evaluasi pembelajaran PAI, dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta mampu menjawab tantangan zaman yang terus berkembang terkhsusunya dalam aspek evaluasi pembelajaran PAI. Penulisan artikel ini bertujuan untuk membahas aspek apa saja yang terkait dengan strategi inovatif dalam pengembangan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode library research atau studi pustaka. metode library research atau studi pustaka adalah salah satu metode dalam penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi melalui studi literatur atau kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat aspek penting dalam strategi inovatif dalam pengembangan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagai berikut: (1) strategi inovatif dalam pengembangan evaluasi pembelajaran, meliputi; evaluasi formatif dan sumatif, penilaian berbasis kinerja, penggunaan teknologi dalam evaluasi, evaluasi diri dan peer assessment, rubrik penilaian, keterlibatan siswa dalam proses evaluasi dan analisis data evaluasi. (2) macam-macam bentuk strategi inovatif dalam pengembangan evaluasi pembelajaran, meliputi; penilaian berbasis proyek, kerangka pedagogis berbasis desain gramatikal, evaluasi formatif, evaluasi pembelajaran online, evaluasi perkembangan, evaluasi pembelajaran berkelanjutan, penggunaan kuesioner proses studi dan skema pengajaran dan pembelajaran inovatif. (3) penerapan pada pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pendidikan, meliputi; evaluasi berbasis daring, metode pembelajaran inovatif di era new normal, strategi pembelajaran model, evaluasi harian untuk meningkatkan motivasi belajar, metode demonstrasi, dan strategi pembelajaran kooperatif untuk generasi alpha. (4) peluang dan tantangan, meliputi; peluang diantaranya penggunaan teknologi, pendekatan otentik dan holistik, evaluasi berbasis proyek dan pembelajaran berpusat pada siswa. Sementara tantangannya yaitu kesiapan guru dan siswa, keterbatas infrastruktur, pengembangan instrument evaluasi yang tepat, penyesuaian dengan kurikulum dan resitensi terhadap perubahan. Kesimpulannya, pengembangan evaluasi yang inovatif dalam pembelajaran PAI merupakan kunci penting untuk mewujudkan pendidikan yang lebih bermutu, relevan, dan kontekstual.

Item Type: Journal Article
Keywords: Strategi Inovasi; Evaluasi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Kualitas Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Bashith Abdul
Date Deposited: 15 Jan 2025 11:31

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item