Manggala, Ibrahim Sani Ali
ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1287-6619, Lestari, Bella Pramudya and Handika, Riyan
(2025)
Profil pemahaman guru PAI SD terhadap penggunaan AI.
Wahana Sekolah Dasar, 33 (2).
pp. 145-155.
ISSN 26225883
|
Text
24979.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (308kB) |
Abstract
Perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah menghadirkan transformasi signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk pada proses pembelajaran berbasis nilai di sekolah dasar. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dituntut untuk tidak hanya memahami fungsi teknologi, tetapi juga mengintegrasikan etika keislaman dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan profil pemahaman dan sikap guru PAI sekolah dasar terhadap penggunaan AI dalam konteks pendidikan dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan melibatkan 56 guru PAI pada salah satu kecamatan di Kota Malang sebagai responden. Instrumen penelitian berupa tes yang memuat tiga dimensi utama: literasi teknologi AI, etika keislaman, dan kesiapan implementatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki tingkat literasi AI yang tinggi, khususnya dalam mengenali aplikasi pembelajaran seperti ChatGPT dan Canva AI (rata-rata persentase jawaban benar 98,21%). Namun, pemahaman terkait prinsip etika Islam seperti amanah masih tergolong sedang (rata-rata 76,78%). Sementara itu, kesiapan reflektif dan tindak lanjut pasca penggunaan AI menunjukkan kecenderungan moderat. Temuan ini menunjukkan bahwa penguasaan teknis guru PAI telah baik, tetapi integrasi nilai spiritual dan kemampuan reflektif masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan literasi digital yang tidak hanya menekankan aspek teknologi, tetapi juga memperkuat dimensi etika dan nilai-nilai Islam dalam pendidikan berbasis AI.
| Item Type: | Journal Article |
|---|---|
| Keywords: | Artificial Intelligence; PAI Teachers; Elementary Schools |
| Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education |
| Depositing User: | Ibrahim Sani Ali Manggala |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 09:41 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Dimensions
Dimensions