KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA (2025) Motivasi Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Jawa Timur dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional: Perspektif Self-Determination Theory (sertifikat hak cipta). EC002025201572.
|
Text
SuratCiptaan_EC002025201572.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Motivasi sangat penting bagi guru dalam proses pembelajaran. Ketika motivasi para guru bersifat ekstrinsik, hal ini menjadi kekhawatiran masyarakat jika mereka tidak sungguh-sungguh melakukan pengembangan profesional. Peneliti belum menemukan adanya literatur memadai tentang motivasi guru bahasa Arab dalam mengikuti program Pengembangan Kompetensi Profesi. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kompetensi bahasa Arab guru Madrasah Aliyah di Jawa Timur (melalui tes TOAFL), menganalisis motivasi mereka dalam pengembangan profesi perspektif Self Determination Theory, dan menguraikan model atau bentuk pengembangan diri mereka. Penelitian ini menggunakan mixed methods melalui penggabungan teori atau konsep yang sesuai untuk kuantitatif dan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan menyebarkan angket juga melakukan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas guru bahasa Arab di Madrasah Aliyah Jawa Timur memiliki motivasi sedang (47.7%), dan 20.8% guru memiliki motivasi tinggi, serta 31.5% guru termasuk dalam kategori motivasi rendah. Dari segi kompetensi bahasa Arab, sebagian besar guru, yaitu 58.4%, berada dalam kategori kompetensi sedang, diikuti oleh 22.8% guru berada dalam kategori kompetensi pemula. Dan, hanya 18.4% guru memiliki kompetensi bahasa Arab pada tingkat mahir. Data ini menggambarkan adanya variasi dalam tingkat motivasi dan kompetensi guru, yang menunjukkan perlunya dukungan lebih lanjut untuk meningkatkan kedua aspek tersebut di kalangan guru bahasa Arab. Dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara motivasi guru bahasa Arab dengan kompetensi bahasa Arab guru.
Motivasi guru bahasa Arab di Madrasah Aliyah Jawa Timur dalam meningkatkan kompetensi profesional sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor intrinsik dan ekstrinsik. Dalam perspektif Self-Determination Theory (SDT), motivasi intrinsik, yang berkaitan dengan rasa puas dan pencapaian pribadi dalam mengajar, sangat berperan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kebutuhan dasar dalam Self-Determination Theory, yaitu kebutuhan akan autonomi, kompetensi, dan relasi sosial, mempengaruhi tingkat motivasi guru dalam meningkatkan kompetensi mereka. Motivasi kerja guru bahasa Arab di Madrasah Aliyah Jawa Timur dapat dipahami melalui Self-Determination Theory dan hierarki kebutuhan Maslow, yang menegaskan bahwa profesionalitas guru dipengaruhi oleh pemenuhan kebutuhan psikologis dasar seperti otonomi, kompetensi, dan keterhubungan, serta kebutuhan bertingkat mulai dari fisiologis, rasa aman, sosial, penghargaan, hingga aktualisasi diri.
| Item Type: | Hak Cipta |
|---|---|
| Keywords: | Motivasi Guru, Kompetensi Guru Profesional, Self-Determination Theory |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040910 'Ilmu al-Lughah al-Nafsiy (Arabic Psycholinguistics) |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
| Depositing User: | Nur Ila Ifawati |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 22:30 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric