Responsive Banner

Pengembangan buku “Paragraph Writing for EFL Learners” dengan integrasi keislaman dan panduan penggunaan kecerdasan buatan

Badriyah, Ima Mutholliatil ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7944-926X, Bisriyah, Maslihatul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8649-5969 and Jayanti, Septia Dwi ORCID: https://orcid.org/0009-0008-9343-7055 Pengembangan buku “Paragraph Writing for EFL Learners” dengan integrasi keislaman dan panduan penggunaan kecerdasan buatan. Research Report. LP2M. (Submitted)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN AKHIR SBK 2025_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)

Abstract

Proses pengembangan buku ajar berhasil mengikuti alur sistematis model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. model ADDIE terbukti efektif dalam menghasilkan buku ajar yang akademis, religius, dan responsif terhadap perkembangan teknologi. Hasil validasi dari para ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran menunjukkan bahwa buku ajar memiliki kategori “sangat valid” baik dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, sistematika materi, desain tampilan, maupun ketepatan integrasi nilai keislaman dan panduan AI. Sementara itu, hasil acceptability dari dosen dan mahasiswa menunjukkan bahwa buku ajar berada pada kategori “sangat diterima”, terutama karena kemudahan dipahami, relevansi dengan kebutuhan akademik, desain visual yang menarik, dan fitur panduan penggunaan AI yang aplikatif.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Paragraph Writing, Integrasi Sains Islam, Penggunaan AI secara bijak.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of English Language Education
Depositing User: Septia dwi jayanti
Date Deposited: 21 Dec 2025 20:27

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item