Self-efficacy konselor sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa: Penelitian survey terhadap konselor sekolah di Kota Malang

Wahyuni, Esa Nur and Prakoso, Erik Teguh (2015) Self-efficacy konselor sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa: Penelitian survey terhadap konselor sekolah di Kota Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5 (1). pp. 644-654. ISSN 2088-9704

[img] Text
Self efficacy Konselor.pdf

Download (404kB)

Abstract

Konselor sekolah merupakan praktisi pendidikan yang memiliki peran penting dan strategis dalam mengembangkan karakter siswa. Keyakinan terhadap kemampuan diri atau self-efficacy untuk mengembangkan karakter siswa merupakan salah satu modal bagi keberhasilan pendidikan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tingkat self-efficacy konselor sekolah di kota Malang dalam mengembangkan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Responden dalam penelitian ini adalah konselor sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) di wilayah Kota Malang sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan melalui pemberian angket skala self-efficacy konselor yang telah diadaptasi dari Character Education Efficacy Belief Instrumen (CEEBI). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif dan penyajian dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan pie chart. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif.

Item Type: Journal Article
Keywords: self-efficacy; counselor; high school; education
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: DR ESA NUR WAHYUNI
Date Deposited: 09 May 2016 12:28

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item