Integrasi etnomatematika dengan model pembelajaran probing-prompting untuk melatih komunikasi matematis siswa

Kurniawan, Agus Prasetyo, Anam, Ahmad Choirul, Abdussakir, Abdussakir and Rofiki, Imam (2019) Integrasi etnomatematika dengan model pembelajaran probing-prompting untuk melatih komunikasi matematis siswa. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7 (1). pp. 1-15. ISSN 2581-172X

[img] Text (full text)
4527.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (443kB)
Full text available at: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/...

Abstract

Etnomatematika menjadi kajian tren penelitian saat ini. Etnomatematika memberikan pengaruh positif dalam pembelajaran matematika dengan melibatkan potensi budaya. Matematika perlu dikomunikasikan dengan menyisipkan budaya sehingga siswa mudah memahami materi. Oleh karena itu, etnomatematika perlu diintegrasikan dengan suatu model pembelajaran. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model probing-prompting berbasis etnomatematika yang dapat melatih komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Instructional Development Institute (IDI) dengan tiga tahapan, yaitu menentukan, mengembangkan, dan mengevaluasi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas 8 MTs Negeri Sidorejo Banyuwangi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, lembar validasi, dan tes. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa kisi-kisi soal, soal tes, LKS, dan RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran ini dapat digunakan guru untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa

Item Type: Journal Article
Keywords: Etnomatematika; Komunikasi Matematis; Probing-Prompting
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Imam Rofiki
Date Deposited: 09 Jul 2019 14:17

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item