Pengembangan kurikulum pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) menuju World Class University (WCU)

Bashith, Abdul and Wahidmurni, Wahidmurni and Pusposari, Luthfiya Fathi and Miftahusyai’an, Mohammad and Baihaqi, Jadzil and irfa, Fakhiya Pengembangan kurikulum pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) menuju World Class University (WCU). Research Report. Pendidikan IPS. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Research #6148.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) dimaksudkan untuk menunjang sumber daya manusia yang mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan seni serta dapat memberikan jalan keluar bagi hambatan-hambatan pembangunan. Berdasarkan kebutuhan akan pengembangan sumber daya manusia tersebut, khususnya kebutuhan terhadap calon guru mata pelajaran IPS di sekolah/madrasah dan kebutuhan dunia usaha, maka Jurusan Pendidikan IPS dalam penyelenggaraan pendidikannya menghendaki para lulusannya kompeten dalam enam bidang. Menjawab berbagai peraturan pemerintah dan kemdikbud serta visi UIN menuju World Calss University (WCU) prodi PIPS pada tahun 2013 merestruktur kurikulumnya mendasarkan pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Kurikulum pendidikan IPS berisikan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai standar kompetensi yang ingin dicapai, ruang lingkup kajian, strategi dan media pembelajaran, sistem penilaian, dan sumber ajar yang relevan.
Kurikulum yang ditetapkan memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung yang mendorong tercapainya visi, misi dan tujuan penyelenggaraan program studi. Struktur Kurikulum yang tergolong ke dalam kurikulum kompetensi utama adalah kurikulum inti, sedangkan kurikulum kompetensi pendukung adalah kurikulum yang memuat matakuliah pilihan/muatan lokal. Struktur kurikulum inti disusun berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi Bab 4 tentang Kurikulum dan berpedoman pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Bashith Abdul
Date Deposited: 01 Jul 2020 18:14

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item