Differential item functioning pada tes multidimensi

Ridho, Ali (2014) Differential item functioning pada tes multidimensi. Doctoral thesis, Universitas Gadjah Mada.

[img]
Preview
Text
Ali-Ridho.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

The presence of differential item functioning (DIF) to an item assumed unidimensional often attributed to the assumption of multidimensionality. Therefore, it’s interested to prove whether multidimensionality elicited items to be DIF between focal and reference group in tes Potensi Akademik (scholastic aptitude) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PA SPMB-PTAIN). This study aimed at: (1) evaluate items of PA SPMB-PTAIN that contained DIF based on gender (female – male) and graduated (MAN – SMAN, MS); (2) evaluate the effect of multidimensionality to DIF; and (3) evaluate general psychometric characteristics of items that contain DIF. Analyzing to data response (n = 14000 for FM; n = 10000 for MS), the result showed that: (1) 9 items of analogy, analytic, arithmetic and geometry components were significantly contained multidimensional DIF favored Male; 7 items of arithmetic and comparative components contained multidimensional DIF favored Female; 5 items of analogy, logic, and arithmetic components contained multidimensional DIF favored student who graduated from SMAN; (2) the multidimensionality differences between focal and reference group did not elicit items to be DIF; (3) detected items as multidimensional DIF have sensitivity different of discrimination between focal and reference group.

Terdeteksinya differential item functioning (DIF) pada sebuah aitem tes yang bersifat unidimensi sering diatribusikan pada asumsi multidimensionalitas yang terkandung didalamnya. Oleh sebab itu, menarik untuk membuktikan apakah DIF yang terkandung dalam aitem-aitem tes Potensi Akademik Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PA SPMB-PTAIN) tahun 2012 disebabkan oleh multidimensionalitas yang berbeda pada kelompok fokal dan referensi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengevaluasi aitem-aitem PA SPMB-PTAIN tahun 2012 yang mengandung DIF berdasarkan kelompok gender (perempuan – lelaki, PL) dan sekolah (MAN – SMAN, MS); (2) mengevaluasi sejauh mana efek multidimensionalitas pada DIF tidaknya aitem; dan (3) mengevaluasi karakteristik psikometrik secara umum aitem-aitem yang terdeteksi DIF pada tes PA SPMB-PTAIN 2012. Hasil analisis terhadap data respons peserta (n = 14000 untuk PL; n = 10000 untuk MS) pada komponen Analogis, Logis, Analitis, Aritmetika, Komparasi, dan Geometri menunjukkan bahwa: (1) DIF multidimensi terjadi pada sembilan aitem dalam masing-masing komponen analogi, analitik, aritmetika dan geometri yang menguntungkan lelaki; tujuh aitem pada komponen aritmetika dan komparasi yang menguntungkan perempuan; dan lima aitem DIF pada komponen analogis, logis, dan aritmetika yang semuanya menguntungkan siswa lulusan SMAN; (2) Perbedaan multidimensionalitas antara kelompok fokal dan referensi tidak memicu munculnya DIF pada aitem; dan (3) aitem-aitem yang terdeteksi DIF multidimensi memiliki karakteristik sensitivitas daya beda yang tidak sama pada kelompok fokal dan referensi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Keywords: multidimensionalitas; item response theory; DIF; perempuan – lelaki; MAN – SMAN; potensi akademik
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Faizuddin Harliansyah
Date Deposited: 31 Aug 2016 22:41

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item