Model kurikulum kompetensi berpikir pada pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi vokasi

Putera, Zulmy Faqihuddin and Shofiah, Nurul (2021) Model kurikulum kompetensi berpikir pada pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi vokasi. METALINGUA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1). pp. 29-36. ISSN 2528-4371, E-ISSN 2528-6684

[img] Text
8389.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (386kB)
Full text available at: https://journal.trunojoyo.ac.id/metalingua/article...

Abstract

kompetensi berpikir merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa baik perguruan tinggi vokasional maupun nonvokasional. Pengimplementasian kemampuan berpikir dapat melalui pembelajaran matakuliah yang dilakukan. Bahasa indonesia yang merupakan matakuliah wajib yang harus dibelajarkan di perguruan tinggi memiliki relevansi terkait internalisasi kompetensi berpikir kepada mahasiswa. Relevansi matakuliah Bahasa sebagai sarana bagi mahasiswa untuk mengungkapkan pikiran sebagai bentuk kemampuan berpikir melalui kompetensi berbahasa secara lisan maupun tulis sesuai dengan kaidah yang berlaku. Mahasiswa mengembangkan kemampuan berpikir dengan cara mengeksplorasi teks dalam kehidupan akademik, mendesain proposal penelitian dan kegiatan, melaporkan hasil penelitian dan kegiatan, serta mengaktualisasikan diri dalam karya tulis ilmiah.Namun peningkatan kompetensi berpikir mahasiswa perlu adanya model pengembangan kurikulum kemampuan berpikir pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruantinggi vokasi. Adanya pengembangan modelkurikulum tersebut bertujuan menghasilkan alternatif model kurikulum khususnya untuk matakuliah Bahasa Indonesia pada perguruan tinggi vokasi yang inovatif serta sesuai dengan capaian profil lulusan yang diharapkan. Adapun model kurikulum yang sesuai diterapkan dalampendidikan vokasi adalah model kurikulum pembeajaran bahasa Indonesia berbasis kompetensi. Ciri khas pendidikan vokasi terletak pada praktik. Ini berarti diperlukan pembelajaran yang menghubungkan dengan pengalaman kehidupan nyata. Pada dasarnya semua pendekatan pembelajaran yang menghubungkan dengan pengalaman kehidupan nyata merupakan elemen pembelajaran berbasis konteks

Item Type: Journal Article
Keywords: kompetensi berpikir, pembelajaran bahasa Indonesia; vokasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Nurul Shofiah
Date Deposited: 31 May 2021 11:40

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item