Jumaidi, Jumaidi and Susilawati, Samsul (2021) Inovasi kurikulum PAI di Madrasah Aliyah Jamilurrahman Yogyakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (2). pp. 403-412. ISSN 2252-8970
|
Text
9414.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (188kB) | Preview |
Abstract
Madrasah merupakan bagian penting dari identitas yang tinggi nilainya bagi bangsa Indonesia, sehingga umat Islam harus mempertahankannya dan mengembangkan eksistensinya. Madrasah Aliyah Jamilurrahman mampu merespon perubahan secara cepat dan tepat, sehingga bisa mengembangkan secara berkesinambungan, dibidang kurikulum dan menjadi Madrasah yang unggul. Pada penelitian ini berusaha mengungkap inovasi kurikulum yang dimiliki oleh Madrasah Aliyah Jamilurrohman yang berlokasi di Bantul Yogyakarta. Metode yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahawa Madrasah Aliyah Jamilurrahman mampu memadukan kurikulum madrasah dengan kurikulum tahfidz. Sejatinya kurikulum madrasah sarat dengan muatan agama disamping materi umum. Sehingga output lulusan MA Jamilurrohman selain menguasai mataeri diniyah dan umum, juga hafal Al-Qur’an hingga 30 juz.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | model-model Inovasi; kurikulum; media pembelajaran; madrasah aliyah Jamilurrahman |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Samsul Susilawati |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 10:08 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |