Pengembangan bahan ajar pendidikan IPS berbasis Tarbiyah Ulil Albab dan kearifan lokal bagi pengembangan karakter

Susilawati, Samsul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8312-8151 and Supriyatno, Triyo ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6833-4555 (2020) Pengembangan bahan ajar pendidikan IPS berbasis Tarbiyah Ulil Albab dan kearifan lokal bagi pengembangan karakter. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
11255.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengalaman memberi pelajaran, apapun reasoning yang dikemukakan tatkala segala daya diserahkan untuk melayani paradigma neo-kapitalisme, segala perangkat pendidikan akan abai terhadap tanggung jawab mendidik karena faktanya lebih mengedepankan perhitungan untung rugi. Contoh paling sederhana misalnya senior lecture akan lebih memilih research project dari pada mengajar karena dianggap lebih vital yang jika tidak berlebihan dituduhkan sesungguhnya lebih mempertimbangkan profit semata. Padahal semestinya proses pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara (1889–1959) ingatkan, berarti segala upaya memajukan budi pekerti sebagai landasan pembentukan karakter dan kekuatan batin, pikiran atau intelektual dan jasmani, selaras dengan alam dan masyarakat. Sama halnya dengan Educating yang disebut Aristoteles dengan the mind without educating the heart is no education at all. Disinilah maka sebagaimana kebanyakan kita mengerti era revolusi industri 4.0 saat ini, peningkatan kualifikasi dan kompetensi dosen dalam mengintegrasikan sains dan agama menjadi paling utama di atas (1) educational competence berbasis Internet of Thing sebagai basic skill; (2) competence in research untuk menumbuhkan ilmu, arah riset, dan terampil memperoleh grant internasional; (3) competence for technological commercialization, memiliki kompetensi membawa grup dan mahasiswa pada komersialisasi dengan teknologi atas hasil inovasi dan penelitian; (4) competence in globalization, tidak gagap terhadap berbagai budaya, kompetensi hybrid sebagai keniscayaan global competence, serta (5) competence in future strategies, di mana dunia mudah berubah dan berjalan cepat, sehingga dosen harus mempunyai kompetensi memprediksi dengan tepat apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: bahan ajar; pendidikan IPS; Tarbiyah Ulil Albab; kearifan lokal; karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Samsul Susilawati
Date Deposited: 12 Jul 2022 10:28

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item