Urgensi pembelajaran lintas budaya bagi mahasiswa dalam penanaman nilai-nilai moral menuju masyarakat berakhlak mulia: Studi Multi Kasus di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Negeri Jakarta

Susilawati, Samsul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8312-8151, Zuhroh, Ni’matuz and Maimunah, Siti Annijat (2018) Urgensi pembelajaran lintas budaya bagi mahasiswa dalam penanaman nilai-nilai moral menuju masyarakat berakhlak mulia: Studi Multi Kasus di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Negeri Jakarta. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
11363.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Urgensi pembelajaran lintas budaya dalam pembelajaran utamanya bagi pengajar dan pembelajar bahasa. Bagi mahasiswa dan pengajar di wilayah Asia, mereka tidak banyak mengalami kesulitan, karena masing-masing budaya di antara negara-negara yang ada di ASEAN memiliki banyak kesamaan. Misalnya pembelajar Thailand dan Jepang serta Malaysia tidak banyak kendala untuk belajar Bahasa Indonesia. Mereka masih dalam lingkup budaya yang hampir sama. Dalam Bahasa Thai dan Bahasa Indonesia, banyak kosa kata yang berasal dari Bahasa Sansekerta. Jadi, masih ada kesamaan bidang fonologi, sintaksis, dan budaya antara Bahasa Thai dan Bahasa Indonesia. Hal itulah yang mempermudah komunikasi di antara mereka. Sedangkan di UIN Maliki Malang dan Universitas Negeri Jakarta tidak hanya berasal dari Asean saja melainkan dari luar Asean misalnya yang berada di UIN Maliki Malang; Cina, Somalia, Kamboja, Srilangka, Irak, Saudi Arabiyah, Rusia dst, semua beragama Islam.di Universitas Negeri Jakarta sama dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dari berbagai manca negara baik Asean maupun Eropa dan memiki agama yang beragam.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: pembelajaran; lintas budaya; nilai-nilai moral
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Samsul Susilawati
Date Deposited: 18 Aug 2022 13:13

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item