تأثير طريقة تعليم الأقران على مخرجات تعليم اللغة العربية بمدرسة العالية الرفاعى مالانج (Pengaruh metode peer teaching terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Arab di MA Ar-Rifa'i Malang)

Abidin, Munirul and Anwar, M. Syahrul (2022) تأثير طريقة تعليم الأقران على مخرجات تعليم اللغة العربية بمدرسة العالية الرفاعى مالانج (Pengaruh metode peer teaching terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Arab di MA Ar-Rifa'i Malang). Al-Af'idah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya, 6 (2). pp. 33-47. ISSN 26553325

[img]
Preview
Text
11691.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran memegang peran yang sangat penting dalam pembelajaran, terutama pembelajaran bahasa arab. Penelitian bertujuan untuk mengkaji pengaruh peer teaching terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai solusi alternatif pengembangan kualitas pembelajaran yang telah ada. Penelitian ini menggunakan metode Eksperiment adapun desainnya ialah The Static Pretest-posttest Design. Kelas XI SMA Modern Al-Rifa’ie Malang sebagai populasi dalam penelitian ini dengan jumlah sebanyak 64 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik seadanya. Perlakuannya dengan frekuensi 1 minggu 2 kali dengan jumlah pertemuannya 10 kali berjalan selama 6 minggu. Ujian soal adalah instrumen yang dipilih peneliti untuk mengukur hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran peer teaching terhadap hasil belajar siswa di bandingkan model konvensional.

Item Type: Journal Article
Keywords: peer teaching; hasil belajar; bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Islamic Education Management
Depositing User: munirul abidin
Date Deposited: 24 Oct 2022 09:05

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item