Pembelajaran sejarah kebudayaan Indonesia berbasis pendidikan multikultural

Amalina, Sharfina Nur (2022) Pembelajaran sejarah kebudayaan Indonesia berbasis pendidikan multikultural. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7 (4). pp. 853-862. ISSN 2541-4224

[img]
Preview
Text
11988.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (144kB) | Preview

Abstract

endidikan multikultural menghargai adanya keberagaman dalam kehidupan. Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya sangat sesuai dengan konsep yang ditawarkan dalam Pendidikan Multikultural. Pendidikan Multikultural sendiri dapat diintegrasikan dalam pembelajaran Sejarah khususnya Sejarah Kebudayaan Indonesia yang mengkaji berbagai heterogenitas budaya. Keberagaman budaya memiliki potensi tersendiri bagi bangsa Indonesia, menjadi identitas dan jati diri bangsa. Namun juga memiliki potensi disintegrasi bangsa apabila dalam keberagaman tersebut tidak ada kesadaran dan toleransi. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui 1) Pentingnya Pendidikan Multikultural dalam pembelajaran sejarah, 2) Nilai-Nilai Multikultural dalam Sejarah Kebudayaan Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan melalui pengamatan yang dideskripsikan secara detail yang bersumber dari observasi, angket serta dokumentasi bahan ajar sejarah kebudayaan Indonesia. Hasil penelitian menyatakan 1) Pendidikan Multikultural sangat penting untuk diintegrasikan dalam Pendidikan sebagai penguat identitas dan jati diri bangsa Indonesia untuk menghadapi arus globalisai. Melalui Pembelajaran sejarah, Pendidikan multikultural dapat dengan mudah diintegrasikan dalam pembelajaran. 2) Nilai-Nilai multikultural yang terkandung dalam pembelajaran Sejarah Kebudyaaan Indonesia adalah nilai toleransi, keterbukaan, kemanusiaan, kearifan lokal, keadilan, dan nilai cinta tanah air.

Item Type: Journal Article
Keywords: pendidikan multikultural; kebudayaan; sejarah
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology > 210199 Archaeology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education
21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY > 2101 Archaeology
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Sharfina Nur Amalina
Date Deposited: 07 Nov 2022 14:59

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item