Implementation of Islamic boarding school socio-cultural management-based curriculum in developing of Islamic educational institutions quality

Chotimah, Chusnul, Khusna, Nur Isroatul, Amin, Saiful ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5408-2898 and Palupi, Catur (2022) Implementation of Islamic boarding school socio-cultural management-based curriculum in developing of Islamic educational institutions quality. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 7 (2). pp. 63-75. ISSN 2477-6467

[img]
Preview
Text
12342.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (312kB) | Preview
Full text available at: https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jmpi/a...

Abstract

Perancangan dan pengimplementasian kurikulum pendidikan pastilah disesuaikan dengan kondisi sosial budaya suatu lembaga pendidikan. Oleh karena itu dalam implementasi kurikulum sebaiknya menggunakan manajemen sosial budaya yang sesuai agar pengembangan mutu berjalan dengan baik meskipun itu pada lembaga pendidikan yang mempunyai sistem keagamaan yang kuat atau pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berbasis manajemen sosial budaya di kawasan lembaga sosial berbasis pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif menurut Miles and Huberman. Hasil penelitian ini yakni perencanaan kurikulum yang dilakukan oleh lembaga MTs Nurul Iman Garum dilaksanakan dengan proses menuju kearah yang lebih baik dari segi pembelajaran maupun kelembagaan. Selain itu pelaksanaan kurikulum yang dilakukan meliputi pengecekan kesiapan guru, proses pembelajaran berlangsung disupervisi oleh kepala madrasah, terdapat penanaman nilai keislaman dalam proses pembelajaran, melaksanakan program ubudiyah program tahfidz atau tambahan bimbingan belajar. Untuk evaluasi yang dilakukan oleh lembaga MTs Nurul Iman Garum yaitu; terdapat dua evaluasi untuk mengukur kemampuan siswa yakni evaluasi sumatif dan formatif.

Item Type: Journal Article
Keywords: kurikulum; pesantren; pengembangan mutu; manajemen sosial budaya
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Saiful Amin
Date Deposited: 14 Dec 2022 09:29

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item