Pengembangan instrumen penilaian berorientasi hots terintegrasi Islam bagi guru MI/SD Kabupaten Malang di Madrasah Ibtidaiyah Hayatul Islam

Susilawati, Samsul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8312-8151, Wahidmurni, Wahidmurni ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0719-435X, Yaqin, Mohamad Zubad Nurul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8253-2048, Fatmawati, Krismonetta and Ulfah, Fazat Arifatul (2022) Pengembangan instrumen penilaian berorientasi hots terintegrasi Islam bagi guru MI/SD Kabupaten Malang di Madrasah Ibtidaiyah Hayatul Islam. Community Service Report. Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
12572.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan pelatihan pengembangan instrument penilaian berorientasi HOTS terrintegrasi Islam merupakan program pengabdian masyarakat untuk mewujudkan guru yang professional serta mampu menyongsong era pembelajaran 5.0. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan keterampilan guru di MI Hayatul Islam Kabupaten Malang. Sehingga Melalui peningkatan keterampilan ini diharapkan mampu meninggalkan model pembelajaran tradisional yang monoton dan menjadikan model pembelajaran yang aktif sehingga siswa mampu mencapai hasil belajar yang maksimal. Kegiatan tersebut memiliki dua identifikasi masalah yakni bagaimana mengembangkan instrument penilaian berorientasi HOTS terintegrasi Islam dan bagaimana membuat kegiatan pembelajaran yang aktif. Kegiatan tersebut dilakukan dengan beberapa tahapan mulai dari penyusunan instrument dan teknis kegiatan, sosialisasi kegiatan, pelaksanaan pelatihan dan penyusunan laporan hasil kegiatan. Kegiatan pelatihan pengembangan instrument penilaian berorientasi HOTS terintegrasi Islam yang dilaksanakan di MI Hayatul Islam Kabupaten Malang, memperlihatkan hasil bahwa terkait dengan aktifitas pelatihan ini dapat dibuktikan bahwa kemampuan berpikir HOTS menjadikan siswa mampu survive dalam persaingan global yang saaat ini dihadapi serta mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Community Service
Keywords: penilaian; pengembangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Samsul Susilawati
Date Deposited: 24 Jan 2023 09:28

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item