Pengaruh brand trust dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan produk Azarine yang dimediasi oleh kepuasan konsumen

Hasan, Irmayanti and Rahmawati, Nur (2023) Pengaruh brand trust dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan produk Azarine yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6 (1). pp. 207-220. ISSN 2621-6051

[img]
Preview
Text
15404.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perusahaan manufaktur dituntut untuk menghasilkan produk yang dapat memuaskan pelanggan agar nantinya dapat mengubah pembeli menjadi pelanggan tetap atau loyal karena pasar yang semakin berkembang dan kompetitif. Faktor brand trust dan kualitas produk dapat menjadi penyebab timbulnya kepuasan bagi pelanggan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Metode penelitian menggunakan survey dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa/i Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang yang menggunakan produk skincare azarine. Sampel yang digunkaan sebanyak 130 responden, dengan teknik purposive sampling & accidental sampling dalam pengambilan sampel. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif menerapkan model persamaan struktural (SEM) dan uji mediasi memakai rumus statistik upsilon v. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam taraf moderat, kepuasan konsumen dipengaruhi secara signifikan oleh brand trust. Kualitas Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam taraf sangat tinggi. Brand trust berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan berpengaruh rendah. Kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan konsumen secara signifikan memediasi hubungan antara brand trust dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan produk azarine. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu ukuran sampel yang relatif kecil dimana responden hanya tergolong generasi Z, selain itu terbatas pada waktu dan tempat penelitian.

Item Type: Journal Article
Keywords: brand trust; kualitas produk; loyalitas pelanggan; kepuasan konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Irmayanti Hasan
Date Deposited: 15 Aug 2023 10:50

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item