Pengaruh kualitas produk dan label halal terhadap keputusan pembelian produk mie instan Samyang dengan minat beli sebagai variabel intervening

Utami, Annisa Jati and Hasan, Irmayanti ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7021-4483 (2023) Pengaruh kualitas produk dan label halal terhadap keputusan pembelian produk mie instan Samyang dengan minat beli sebagai variabel intervening. Syarikat : Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6 (1). pp. 221-232. ISSN 2621-6051

[img]
Preview
Text
15735.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (839kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat isu kualitas dan labelisasi halal yang berdampak pada perhatian konsumen dan dapat mengarah pada keputusan pembelian produk Samyang. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan desain penelitian kuantitatif dan desain kausalitas. Demografi penelitian ini terdiri dari seluruh mahasiswa Kota Malang yang menggunakan produk Samyang. Purposive sampling akan digunakan untuk memilih hingga 200 responden berdasarkan hasil perhitungan sampel. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan mediasi SEM-PLS dan pengolahan data menggunakan perangkat lunak Warp PLS (Partial Least Square) versi 3.0. Temuan mengungkapkan bahwa Kualitas Produk (X1) dan Label Halal (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Z), Kualitas Produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), Label Halal (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), dan Minat Beli (Z) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Kesimpulannya adalah pelanggan produk mie instan Samyang memberikan nilai yang tinggi terhadap kualitas dan label halal sebelum melakukan pembelian barang tersebut. Keterbatasan penelitian ini karena waktu penelitian, tenaga, dan kemampuan peneliti yang menyebabkan tidak dapat menggunakan sampel mahasiswa yang mengkonsumsi mie Samyang di seluruh Universitas yang ada di Kota Malang

Item Type: Journal Article
Keywords: kualitas produk; label halal; keputusan pembelian; minat beli
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Irmayanti Hasan
Date Deposited: 04 Oct 2023 10:58

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item