Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan pada Taman Nasional Baluran

Nahdi, Moehammad Robith and Putri, Kartika Anggraeni Sudiono ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5533-1769 (2022) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan pada Taman Nasional Baluran. Jurnal Dimensi, 11 (3). pp. 484-499. ISSN 2085-9996

[img] Text
19937.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), dan empathy (X5) terhadap kepuasan wisatawan (Y) pada objek wisata konservasi Taman Nasional Baluran secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menerapkan instrumen penelitian berupa kuosioner yang disebarkan kepada 180 responden sebagai sampel yang terpilih melalui teknik pusposive sampling dengan kriteria wisatawan yang pernah berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Dalam analisis data, peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini yakni adanya pengaruh secara simultan variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), dan empathy (X5) terhadap kepuasan wisatawan (Y). Melalui hasil uji T ditemukan bahwa variabel Tangible (X1), Responsiveness (X3) dan Assurance (X4) berpengaruh signifikan secara parsial. sedangkan, variabel Reliability (X2) dan Empathy (X5) tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Wisatawan (Y) pada Taman Nasional Baluran

Item Type: Journal Article
Keywords: kualitas pelayanan; kepuasan wisatawan; taman nasional
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Kartika Anggraeni Sudiono Putri
Date Deposited: 01 Jul 2024 14:32

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item