Pengaruh serqual, corporate image terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel mediasi: Studi pada nasabah PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. KCP Genteng Banyuwangi

Hasan, Irmayanti and Nisa, Zuhrotun (2024) Pengaruh serqual, corporate image terhadap customer loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel mediasi: Studi pada nasabah PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. KCP Genteng Banyuwangi. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7 (5). pp. 4254-4266. ISSN 2597-5234

[img] Text
20504.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (521kB)

Abstract

Industri perbankan syariah di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Salah satu bank syariah terbesar di Indonesia adalah PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. (BSI) yang merupakan hasil penggabungan dari tiga bank syariah BUMN. Dengan pertumbuhan ini, persaingan di industri perbankan syariah semakin ketat. Untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan, bank syariah perlu mempertahankan loyalitas nasabahnya yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas layanan, citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan (corporate image) terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi pada PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. KCP Genteng Banyuwangi. Penelitian kuantitatif ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 155 responden nasabah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kepuasan nasabah juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan citra perusahaan tidak berpengaruh signifikan. Kepuasan nasabah memediasi pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah. Implikasi penelitian ini adalah perlunya mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan dan citra perusahaan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah.

Item Type: Journal Article
Keywords: Service Quality; Corporate Image; Customer Satisfaction; Customer satisfaction; Sharia Bank
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Irmayanti Hasan
Date Deposited: 17 Oct 2024 14:18

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item