Saputri, Afif Berlian, Sasi, Wahyuning, Af'aliyah, Khoirotul and Cholifah, Nur (2024) Pengembangan LKPD berbasis model problem based learning pada materi IPS terpadu di SMP Islam Bani Hasyim Singosari Kabupaten Malang. Research Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)
![]() |
Text
21539.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan saat ini memiliki tantangan besar untuk menghadapi perubahan dunia yang cepat. Pada konteks IPS terpadu, Problem Based Learning (PBL) memungkinkan siswa memahami berbagai aspek ilmu sosial melalui partisipasi aktif memecahkan masalah dunia nyata. Keunggulan penggunaan PBL siswa berkemampuan memecahkan masalah, kemampuan membangun pengetahuannya sendiri, aktivitas ilmiah, dan siswa terbiasa menggunakan sumber pengetahuan yang baik. oleh sebab itu siswa perlu adanya bahan ajar yang berbasis masalah. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai solusi untuk memberikan sarana penunjang siswa dalam proses pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini mengetahui proses pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terpadu di SMP Islam Bani Hasyim dan mengetahui tingkat kelayakan LKPD berbasis PBL pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (RnD) dengan pendekatan pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). 1) Analisys, peneliti mengidentifikasi kebutuhan LKPD dan menyesuaikan dengan capaian pembelajaran maupun silabus sekolah. 2) Design atau tahap perencanaan, Peneliti membuat kerangka LKPD yang mencakup desain LKPD, tata letak isi, dan kompatibilitas materi yang ada. 3) Development, Pengembangan kerangka yang sudah dirancang sebelumnya merupakan bagian dari tahap selanjutnya dan disesuaikan dengan Materi IPS yang relevan dengan lingkungan. contoh nyata atau berdasarkan lingkungan sekitar, serta layout buku ajar. 4) Implementation, proses penilaian kebaikan yang dilakukan oleh validator ahli (materi dan media) dan subjek penelitian untuk menentukan kelayakan produk. Berdasarkan uji validator ahli dan subjek penelitian (siswa) LKPD dinyatakan layak dan sangat baik namun masih terdapat sedikit revisi. 5) Evaluation, sebagai tahap tambahan setelah penilaian dan revisi sesuai dengan saran ahli dan subjek penelitian (siswa), di mana tindak lanjut akan dilakukan.
Hasil uji validasi kepada ahli materi skor 97% dengan kriteria sangat baik, uji validator ahli media skor 79% dengan kriteria baik. Dilakukan uji coba lapangan dengan menyebarkan lembar angket penilaian LKPD dan mendapatkan skor 88% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa LKPD dinyatakan Baik dan layak untuk disebarluaskan.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Laporan penelitian; LKPD; Model Problem Based Learning; SMP Islam Bani Hasyim |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Nur Cholifah |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 14:40 |
Downloads
Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)
![]() |
View Item |