001052196 (2025) Integrasi hafalan mufrodat dalam pembelajaran bahasa Arab: Upaya meningkatkan literasi teks Arab siswa MA Al-Ittihad Malang (sertifikat hak cipta). 10.24014/ v24i1.37266.
|
Text
sertifikat_2025-12-12.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mengintegrasikan Hafalan Kosakata (MUFRODAT) melalui metode Mahfudzat dalam pembelajaran bahasa Arab tentang meningkatkan literasi teks Arab siswa di Ma al-Iltihad Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data termasuk pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa metode Mahfudzat memiliki dampak positif pada retensi kosa kata siswa, minat untuk belajar bahasa Arab, dan pemahaman tentang struktur dan makna teks. Siswa merasa lebih mudah untuk menghafal kosa kata ketika disajikan dalam kalimat yang bermakna dan berirama. Selain itu, guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran untuk mengakomodasi kemampuan siswa yang berbeda. Tantangan seperti waktu terbatas dan perbedaan dalam kapasitas menghafal ditangani melalui pembelajaran bertahap dan kegiatan kelompok. Dengan demikian, integrasi metode Mahfudzat terbukti efektif secara signifikan Meningkatkan Literasi Teks Arab Siswa.
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Dimensions
Dimensions