Sahlan, Asmaun (2012) Kepemimpinan madrasah yang efektif. In: Islamic management and quality culture: Proceeding book. UIN Maliki Press, Malang, pp. 380-392. ISBN 978-602-958-454-7 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
|
Text (Cover Proceeding, Daftar Isi, Artikel)
PRO.pdf - Draft Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji kepemimpinan madrasah yang efektif. Kepemimpinan madrasah merupakan motor penggerak, penentu arah kebijakan terhadap tujuan kemana aktivitas pendidikan akan dilaksanakan. Mengingat peran pemimpin sebagai pendorong kinerja para guru dan karyawan demi terlaksananya program kegiatan di madrasah, maka diperlukan efektifitas kepemimpinan kepala madrasah. Kepemimpinan madrasah yang efektif ialah mereka yang dapat beradaptasi dengan situasi bervariasi yang akan menentukan keberhasilan dalam melaksanakan tugas. Adapun kepemimpinan madrasah yang efektif dapat diwujudkan melalui upaya-upaya serius untuk melaksanakan tugas yang meliputi: 1) Mampu memberdayakan semua potensi sumberdaya yang ada di lembaga dan masyrakat dalam rangka proses belajar mengajar yang produktif; 2) Dapat menyelesaikan tugas secara efektif efisien, dan tepat waktu; 3) Mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat, sehingga dapat mewujudkan tujuan madrasah dan pendidikan; 4) Mampu menerapkan prinsip kepemimpinan yang sesuai dengan tingkat kedewasaan pendidik dan tenaga kependidikan lainnya; 5) Bekerja secara kolaboratif dengan team manajemen; 6) Berhasil mewujudkan tujuan madrasah secara produktif sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |