Pembelajaran tari dalam Kurikulum PAUD

Wahyuningtyas, Dessy Putri (2020) Pembelajaran tari dalam Kurikulum PAUD. Guepedia. ISBN 978-623-270-550-0 Author : Dessy Putri Wahyuningtyas, Dessy.

[img] Text
7585.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (883kB) | Request a copy

Abstract

Pada kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pembelajaran tari adalah salah satu kegiatan yang mampu menstimulasi aspek perkembangan fisik motorik dan seni. Kedua aspek perkembangan tersebut menjabarkan beberapa indikator pencapaian perkembangan gerak pada anak. Sehingga pembelajaran tari merupakan salah satu kegiatan yang menstimulasi perkembangan gerak anak. Kegiatan ini merupakan suatu proses atau usaha dalam mengajarkan anak melatih koordinasi seluruh anggota tubuh, mengontrol emosinya, dan melatih logika berpikirnya. Sebagai pendidik tentu harus mengetahui bagaimana cara membelajarkan tari pada anak, dapat menentukan tema tari yang dekat dengan keseharian anak, serta mengenal karakteristik gerak tari anak yaitu gerakannya sederhana dengan iringan musik yang gembira. Karena melalui pembelajaran tari, anak akan merasa senang, menumbuhkan rasa percaya diri, mampu menyalurkan energinya melalui gerak, melatih anak mentaati aturan, menstimulasi aspek perkembangan motorik, kognitif, sosial emosional, serta bahasanya.

Item Type: Book
Keywords: pembelajaran tari; kurikulum; PAUD
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Dessy Putri Wahyuningtyas
Date Deposited: 01 Dec 2020 09:50

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item