Mustofa, Syaiful (2016) Kualitas pendidikan nasional & full day school program. In: Penjaminan mutu di perguruan tinggi Islam. UIN Maliki Press, Malang, pp. 349-360. ISBN 978-602-1190-62-3 Author : Mustofa, Syaiful.
|
Text
9015.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Mutu atau kualitas diartikan dengan kenaikan tingkatan menuju suatu perbaikan atau kemapanan. Sebab kualitas mengandung makna bobot atau tinggi rendahnya sesuatu. Jadi dalam hal ini kualitas pendidikan adalah pelaksanaan pendidikan disuatu lembaga, sampai dimana pendidikan di lembaga tersebut telah mencapai suatu keberhasilan. Tujuan program full day school diantaranya untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar masyarakat karena meningkatnya jumlah orangtua/parent-career yang kurang memberikan perhatian pendidikan anaknya disebabkan pergeseran masyarakat agraris menuju masyarakat industri, memenuhi tuntutan masyarakat karena mengalami perubahan sosial budaya yang cepat terutama pola pikir dan cara pandang mereka disebabkan perkembangan teknologi yang sangat cepat. Sistem full day school merupakan komponen-komponen yang telah disusun dengan teratur dan baik untuk menunjang proses pendewasaan peserta didik melalui upaya pengajaran dan pelatihan dengan waktu di sekolah yang lebih panjang atau lama dibandingkan dengan sekolah-sekolah pada umumnya ataupun yang belum menerapkan sistem full day school. Proses pembelajaran full day school berlangsung secara aktif, kreatif, tranformatif sekaligus intensif, yang dilakukan sehari penuh siswa berada dilingkungan sekolah. Guru dituntut lebih sabar, aktif dan kreatif dalam mengelola suasana belajar agar siswa tidak cepat bosan. Program full day school ini mempunyai kelebihan dan kelemahan yang harus disikapi dengan bijaksana oleh steakholder, termasuk dievaluasi secara berkelanjautan agar program ini bisa terlaksana dengan baik. Allahu A’lam…
Item Type: | Book Section |
---|---|
Additional Information: | saifulmustofa@pba.uin-malang.ac.id 081233434500 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
Depositing User: | Syaiful Mustofa |
Date Deposited: | 04 Jul 2021 03:37 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |