Uji model instrumen The Mathematical Development Beliefs Survey (MDBS) pada pendidikan prasekolah

Elvira, Melly ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6047-5348 and Sainuddin, Syamsir ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2783-0181 (2020) Uji model instrumen The Mathematical Development Beliefs Survey (MDBS) pada pendidikan prasekolah. Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (2). pp. 95-104. ISSN 2715-3622

[img]
Preview
Text
9110.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika diusia anak usia dini menjadi perdebatan banyak ahli. Beberapa menganggap bahwa dalam menghadapi dunia modern abad 21, matematika menjadi modal awal untuk berkembang dan bersaing. Ahli lain menganggap anak usia dini masih usia bermain sehingga matematika belum menjadi prioritas dalam pembelajaran prasekolah. Oleh karena itu, melalui penelitian ini peneliti akan menguji model instrumen The Mathematical Development Beliefs Survey (MDBS). Metode penelitian menggunakan metode survey dengan responden calon guru pendidikan anak usia dini sebanyak 34 responden. Analisis data menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk menguji validitas, sedangkan reliabilitas instrumen dianalisis dengan menggunakan Cronbach’s alpha. Deskripsi hasil penelitian ini lebih lanjut dipaparkan pada bagian pembahasan artikel ini. Harapannya instrumen ini dapat digunakan untuk menganalisis persepsi guru maupun calon guru paud terhadap pembelajaran matematika pada pendidikan prasekolah.

Item Type: Journal Article
Keywords: Pembelajaran Matematika; Pendidikan Anak Usia Dini; Reliabilitas; Survei; Validitas.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Melly Elvira
Date Deposited: 19 Jul 2021 08:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item