Sa`diyah, Halimatus
ORCID: https://orcid.org/0000-0003-3519-4290 and Saputri, Intan Nur Faizah
(2025)
Self-confidence berbahasa Arab dari gugup jadi percaya diri, belajar bicara Arab itu menyenangkan.
Insight Mediatama, Mojokerto.
ISBN 9786347244529
UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
|
Text
24720.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sangat signifikansi yang besar di dunia, terutama untuk umat Islam, karena berfungsi sebagai bahasa Al-Qur’an dan sumber utama literatur karya keislaman. Namun, dalam proses belajarnya, banyak siswa—baik di sekolah, madrasah, maupun Perguruan tinggi—yang menghadapi berbagai kendala, terutama dalam kemampuan berbicara (mahārah al-kalām). Salah satu permasalahan yang sering muncul yakni kurangnya rasa percaya diri.
Ketakutan dalam melakukan kesalahan, merasa cemas ketika berbicara di hadapan orang lain, serta anggapan bahwa bahasa Arab itu "sukar", menjadi halangan yang membuat banyak pelajar merasa ragu atau bahkan takut untuk mencoba berbicara. Kondisi ini mengakibatkan pembelajaran bahasa Arab kurang optimal dan kemampuan komunikasi siswa tidak berkembang secara maksimal.
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa rasa percaya diri merupakan faktor psikologis yang sangat mempengaruhi keberhasilan dalam mempelajari bahasa kedua atau bahasa asing. Karena ketika siswa memiliki kepercayaan diri yang baik cenderung lebih berani mencoba berbicara, lebih aktif dalam berdialog, serta lebih mampu menerima kesalahan sebagai bagian dari proses belajar. Sebaliknya, rasa cemas dan takut salah justru menjadi penghambat utama perkembangan kemampuan berbahasa.
Buku ini hadir untuk menjawab tantangan tersebut. Penulis berupaya menyajikan materi yang berfokus pada penguatan rasa percaya diri dalam berbicara bahasa Arab dengan cara yang ringan, aplikatif, dan menyenangkan. Harapannya, pembaca dapat menyadari bahwa belajar berbicara bahasa Arab bukanlah sesuatu yang menakutkan, tetapi merupakan sebuah pengalaman yang menarik dan dapat
dinikmati.
Oleh karena itu, dengan pembuatan buku ini penulis ingin mengajak siswa, pendidik, dan praktisi pendidikan bahasa Arab untuk memberikan perhatian lebih terhadap penguatan aspek psikologis peserta didik, sehingga mereka tidak hanya menguasai teori, tetapi juga berani, percaya diri, dan merasa senang ketika berkomunikasi dalam bahasa Arab.
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric