Zakiyah Arifa (2025) Kreatifitas Dosen dalam Pembelajaran Mahārah Kitābah: Studi Naratif Inkuiri pada Pengalaman Dosen di PTKI (sertifikat hak cipta). EC002025184973.
|
Text
HKI Laporan Penelitian 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pemikiran kreatif dan kompetensi kreativitas telah menjadi komponen integral keterampilan abad ke-21 termasuk dalam konteks pembelajaran Mahārah Kitābah. Kreativitas dosen berperan penting dalam memfasilitasi pengalaman belajar dinamis adaptif. Dosen mengahadapi tantangan dalam pembelajaran menuntut adanya kreatifitas yang mumpuni selain keterampilan Kitābah merupakan keterampilan kompleks dalam bahasa Arab. Beberapa penelitian berfokus pada pembelajaran dinamis saja, belum banyak yang menarasikan kreatifitas pengalaman dosen terutama di PTKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman dosen dalam mengembangkan dan menerapkan kreativitas secara kronologis dalam pembelajaran Kitābah di PTKI, serta mengekplanasi ide, bentuk, dan proses kreatifitas (fluency & adaptive flexibility) secara tematik. Dari narasi pengalaman ini akan dapat dilihat dampaknya terhadap hasil belajar mahasiswa sehingga penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam membangun model pedagogi yang lebih adaptif dan inspiratif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan desain penelitian naratif inkuiri mengacu pada penelitian yang disarankan Creswell (2013) dan Barkhuizen (2014). Partisapan secara purposif dipilih yaitu dosen dari PTKIN dan PTKIS yang memiliki kriteria pengalaman mengajar Kitābah. Pengumpulan data dengan menggunakan narasi cerita, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dilanjutkan dengan FGD. Analisis data berpijak pada kronologi peristiwa dilanjutkan dengan analisis tematik/kateogris untuk melihat pemetaan ide, bentuk dan proses kreatifitas tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan: 1. Perencanaan pembelajaran Mahārah Kitābah, mengintegrasikan pendekatan Outcome-Based Education (OBE). Pelaksanaan pembelajaran memperlihatkan transformasi signifikan dari pedagogi konvensional berbasis ceramah menuju pembelajaran aktif, kolaboratif, dan digital. Dalam evaluasi mengalami transformasi signifikan dari pola penilaian kognitif tradisional menuju bentuk evaluasi yang lebih autentik dan reflektif. Adapun refeleksi pembelajaran, menunjukkan bentuk refleksi yang kompleks dan multidimensional, baik dalam dimensi kognitif, afektif, maupun pedagogis. 2. Ide kreatifitas berorientasi eksternal, internal, serta proses dan isi, dan kreativitas dosen dalam pembelajaran kitabah tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi menekankan keseimbangan antara publikasi digital, perhatian individual, serta sistematika pembelajaran bermakna. Bentuk kreativitas dosen menunjukkan bahwa inovasi pedagogis dapat diwujudkan melalui berbagai orientasi yang saling melengkapi. Proses kreativitas dosen menunjukkan bahwa membentuk siklus yang komprehensif: a. pengalaman, b. identifikasi, c. masalah, d. perencanaan berbasis capaian, e. pelaksanaan kreatif, f. evaluasi otentik, g. refleksi pembelajaran, h. revisi kembali. Proses kreatif dosen dalam pembelajaran mencerminkan paradigma pembelajaran modern yang kolaboratif, reflektif, dan berbasis teknologi.
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric