Responsive Banner

Kreatifitas Dosen dalam Pembelajaran Mahārah Kitābah: Studi Naratif Inkuiri pada Pengalaman Dosen di PTKI (sertifikat hak cipta)

Zakiyah Arifa (2025) Kreatifitas Dosen dalam Pembelajaran Mahārah Kitābah: Studi Naratif Inkuiri pada Pengalaman Dosen di PTKI (sertifikat hak cipta). EC002025184973.

[img] Text
HKI Laporan Penelitian 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemikiran kreatif dan kompetensi kreativitas telah menjadi komponen integral keterampilan abad ke-21 termasuk dalam konteks pembelajaran Mahārah Kitābah. Kreativitas dosen berperan penting dalam memfasilitasi pengalaman belajar dinamis adaptif. Dosen mengahadapi tantangan dalam pembelajaran menuntut adanya kreatifitas yang mumpuni selain keterampilan Kitābah merupakan keterampilan kompleks dalam bahasa Arab. Beberapa penelitian berfokus pada pembelajaran dinamis saja, belum banyak yang menarasikan kreatifitas pengalaman dosen terutama di PTKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman dosen dalam mengembangkan dan menerapkan kreativitas secara kronologis dalam pembelajaran Kitābah di PTKI, serta mengekplanasi ide, bentuk, dan proses kreatifitas (fluency & adaptive flexibility) secara tematik. Dari narasi pengalaman ini akan dapat dilihat dampaknya terhadap hasil belajar mahasiswa sehingga penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam membangun model pedagogi yang lebih adaptif dan inspiratif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan desain penelitian naratif inkuiri mengacu pada penelitian yang disarankan Creswell (2013) dan Barkhuizen (2014). Partisapan secara purposif dipilih yaitu dosen dari PTKIN dan PTKIS yang memiliki kriteria pengalaman mengajar Kitābah. Pengumpulan data dengan menggunakan narasi cerita, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dilanjutkan dengan FGD. Analisis data berpijak pada kronologi peristiwa dilanjutkan dengan analisis tematik/kateogris untuk melihat pemetaan ide, bentuk dan proses kreatifitas tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan: 1. Perencanaan pembelajaran Mahārah Kitābah, mengintegrasikan pendekatan Outcome-Based Education (OBE). Pelaksanaan pembelajaran memperlihatkan transformasi signifikan dari pedagogi konvensional berbasis ceramah menuju pembelajaran aktif, kolaboratif, dan digital. Dalam evaluasi mengalami transformasi signifikan dari pola penilaian kognitif tradisional menuju bentuk evaluasi yang lebih autentik dan reflektif. Adapun refeleksi pembelajaran, menunjukkan bentuk refleksi yang kompleks dan multidimensional, baik dalam dimensi kognitif, afektif, maupun pedagogis. 2. Ide kreatifitas berorientasi eksternal, internal, serta proses dan isi, dan kreativitas dosen dalam pembelajaran kitabah tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi menekankan keseimbangan antara publikasi digital, perhatian individual, serta sistematika pembelajaran bermakna. Bentuk kreativitas dosen menunjukkan bahwa inovasi pedagogis dapat diwujudkan melalui berbagai orientasi yang saling melengkapi. Proses kreativitas dosen menunjukkan bahwa membentuk siklus yang komprehensif: a. pengalaman, b. identifikasi, c. masalah, d. perencanaan berbasis capaian, e. pelaksanaan kreatif, f. evaluasi otentik, g. refleksi pembelajaran, h. revisi kembali. Proses kreatif dosen dalam pembelajaran mencerminkan paradigma pembelajaran modern yang kolaboratif, reflektif, dan berbasis teknologi.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Kreatifitas Pembelajaran, Maharah Kitabah, Pengalaman Pembejaran, Pengalaman Dosen, Naratif Inkuiri.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021404 Maharat al-Kitabah (Writing Skill)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Zakiyah Arifa
Date Deposited: 09 Dec 2025 08:36

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item