Sahlan, Asmaun (2013) Problematika dan Solusi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Naila Pustaka, Yogyakarta. ISBN 976-602-1290-00-2 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
|
Text (Cover Buku, daftar Isi, Daftar Pustaka)
PAI.pdf - Cover Image Download (10MB) | Preview |
Abstract
Buku ini ditulis atas dasar kajian empirik dengan melakukan penelitian langsung di berbagai sekolah, di mana penulis temukan masih munculnya problematika Pendidikan Agama Islam yang belum banyak teratasi. Masalah yang sering mengemuka dalam pendidikan agama Islam di sekolah adalah internalisasi nilai (domain afektif) yang belum mampu menghujam ke dalam diri (kepribadian) peserta didik secara utuh. Selama ini proses pembelajaran di sekolah pada umumnya belum mampu mengintegrasikan antara berbagai konsep atau teori keilmuan sains dan dimensi nilai agama seperti nilai etika, nilai teologis, dan lain-lain. Demikian juga proses pembelajaran sains belum mampu mengintegrasikan domain afektif (nilai-nilai religius) ke dalam domain kognitif dan psikomotorik. Hal ini terjadi tidak hanya dalam bidang studi sains saja, tetapi juga dalam semua bidang studi lain pada umumnya termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sekalipun. Berangkat dari kenyataan di sekolah saat ini, aspek ideal integrasi keilmuan antara mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan mata pelajaran lain masih belum dominan terlihat, sehingga sistem pendidikan nasional terkesan menganut sistem bebas nilai. Pendidikan nasional cenderung berwajah sekularistik, seolah-olah tidak ada kaitan antara konsep keilmuan tertentu dengan nilai-nilai religius yang sejatinya dimunculkan dalam setiap disiplin ilmu. Oleh karena itu,hadirnya buku ini dapat digunakan referensi bagi para guru khususnya guru yang kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah, sekaligus memberikan informasi dan strategi pengembangan Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan budaya religius di sekolah.
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |