Problematika dan Solusi Pendidikan Agama Islam di Sekolah

Sahlan, Asmaun (2013) Problematika dan Solusi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Naila Pustaka, Yogyakarta. ISBN 976-602-1290-00-2

[img]
Preview
Text (Cover Buku, daftar Isi, Daftar Pustaka)
PAI.pdf - Cover Image

Download (10MB) | Preview

Abstract

Buku ini ditulis atas dasar kajian empirik dengan melakukan penelitian langsung di berbagai sekolah, di mana penulis temukan masih munculnya problematika Pendidikan Agama Islam yang belum banyak teratasi. Masalah yang sering mengemuka dalam pendidikan agama Islam di sekolah adalah internalisasi nilai (domain afektif) yang belum mampu menghujam ke dalam diri (kepribadian) peserta didik secara utuh. Selama ini proses pembelajaran di sekolah pada umumnya belum mampu mengintegrasikan antara berbagai konsep atau teori keilmuan sains dan dimensi nilai agama seperti nilai etika, nilai teologis, dan lain-lain. Demikian juga proses pembelajaran sains belum mampu mengintegrasikan domain afektif (nilai-nilai religius) ke dalam domain kognitif dan psikomotorik. Hal ini terjadi tidak hanya dalam bidang studi sains saja, tetapi juga dalam semua bidang studi lain pada umumnya termasuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sekalipun. Berangkat dari kenyataan di sekolah saat ini, aspek ideal integrasi keilmuan antara mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan mata pelajaran lain masih belum dominan terlihat, sehingga sistem pendidikan nasional terkesan menganut sistem bebas nilai. Pendidikan nasional cenderung berwajah sekularistik, seolah-olah tidak ada kaitan antara konsep keilmuan tertentu dengan nilai-nilai religius yang sejatinya dimunculkan dalam setiap disiplin ilmu. Oleh karena itu,hadirnya buku ini dapat digunakan referensi bagi para guru khususnya guru yang kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah, sekaligus memberikan informasi dan strategi pengembangan Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan budaya religius di sekolah.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Asmaun Sahlan
Date Deposited: 01 Sep 2016 05:24

Actions (login required)

View Item View Item